»

Jan 05

8 PELATIH TERSUKSES DI SEJARAH LIGA CHAMPIONS

Gelar Liga Champions telah dimenangkan oleh beberapa klub yang paling bergengsi di dunia sepakbola. Carlo Ancelotti berhasil memimpin Real Madrid menjuarai Liga Champions musim lalu dan namanya pun terpilih sebagai salah satu pelatih tersukses yang telah memenangkan trophi tersebut di 2 klub yang berbeda. Dan pastinya dia adalah salah satu dari 8 pelatih tersukses di sejarah Liga Champions dan siapa sajakah sosok pelatih lainnya selain Ancelotti, mari kita simak dibawah ini diantaranya adalah :

1. Giovanni Trapattoni

Trapattoni adalah pelatih tersukses kelahiran Italia yang telah memenangkan 8 gelar Piala Eropa dalam karirnya. Dia adalah bagian dari tim Nereo Rocco’s Milan yang memenangkan Piala Eropa 1963 dan 1969. serta Pemenang Liga Piala Eropa 1968. Dan Trapattoni melanjutkan kesuksesan ini ke karir kepelatihannya, ia memenangkan 4 gelar Piala Eropa selama karirnya melatih Juventus.

Lalu ia memenangkan Piala Eropa pada tahun 1985 sekaligus Pemenang Liga Piala Eropa sekali pada tahun 1985. Namun karirnya yang paling sukses adalah keberhasilannya memenangkan turnamen Piala UEFA. Ia memenangkan piala dua kali bersama Juventus pada tahun 1977 dan 1993 serta memenangkan trophi bersama Inter Milan pada tahun 1991.

2. Bob Paisley

Paisley merupakan titisan dari pendahulunya, Bill Shankly yang juga sukses melatih klub Liverpool serta membuat klub The Reds menjadi kekuatan besar dalam sepakbola Inggris pada periode 1970-an dan 1980-an. Dia juga menjadi satu-satunya pelatih dalam sejarah sepakbola yang memenangkan 3 gelar Piala Eropa.

Keberhasilan pertamanya datang pada tahun 1977, ia bersama Liverpool berhasil mempertahankan trophi saat meraih kemenangan atas Brugge di Stadion Wembley setahun kemudian. Keberhasilannya dalam meraih Piala Eropa lainnya terjadi saat Liverpool melawan Real Madrid pada tahun 1981, dan Liverpool unggul dengan skor 1-0. Paisley juga memenangkan Piala UEFA saat dirinya masih menginjak Anfield pada tahun 1976.

3. Sir Alex Ferguson

Sir Alex Ferguson adalah seorang pelatih legendaris dan sosok pelatih yang paling dihormati di sepakbola Inggris selama mengasuh klub Manchester United. Gelar yang diraih bersama Manchester United sangat banyak sehingga ia juga lupa jikalau dirinya dulu pernah sukses saat melatih klub pertamanya yaitu Aberdeen. Pelatih Skotlandia ini berhasil mematahkan dominasi klub Old Firm’s dengan memenangkan Kejuaraan Skotlandia.

Kemenangan terbesarnya saat berada di Liga Skotlandia terjadi saat dirinya dan Aberdeen berhasil menjadi jawara Pemenang Liga Piala Eropa 1983, dengan mengalahkan raksasa Real Madrid dengan skor 2-1 di final dan ‘The Scotsman’ pun berhasil menambahkan gelar Pemenang Piala Liga Eropa tahun 1991 ke lemari Aberdeen. Karena berhasil didalam negeri, ia pun mencoba peruntungannya untuk hijrah ke Liga Inggris. Saat tahun-tahun awal melatih Manchester United, ia diklaim kurang berhasil dan sering mendapat kritik oleh banyak fans dan sejumlah pihak MU.

Namun akhirnya dia berhasil membungkam mulut mereka pada tahun 1999 saat Manchester United meraih gelar treble pertama dan kemenangan tersebut dianggap sebagai kemenangan terbesar sepanjang masa.

4. Nereo Rocco

Rocco sangat sukses sebagai pelatih AC Milan serta dialah yang mempelopori gaya permainan ‘catenaccio’. Saat melatih AC Milan, klub tersebut mendominasi berbagai liga di Italia sampai-sampai memenangkan 2 gelar Serie A dan 3 gelar domestik lainnya. Ia memimpin AC Milan dengan sukses, sebagai buktinya AC Milan berhasil memenangkan Piala Eropa sebanyak 2 kali pada tahun 1963 dan 1969 serta menjadi Pemenang Liga Piala Eropa pada 2 kesempatan. Ia akhirnya dilantik ke dalam Football Hall of Fame Italia tahun 2012.

5. Jose Mourinho

Jose Mourinho sering disebut-sebut sebagai salah satu dari 8 pelatih terbaik di dunia. Pada tahun 2003, ia bersama Porto berhasil membungkam Celtic dan memenangkan Piala UEFA serta membungkam Monaco untuk mendapatkan piala Liga Champions. Sayang, prestasi tersebut merupakan prestasi terakhirnya di Porto lalu ia pun hijrah ke Chelsea beberapa hari kemudian. Bersama Chelsea, ia hanya sukses mengantarkan The Blues menjadi jawara Liga Premier lalu ia pun hijrah ke Inter Milan. Bersama Inter Milan, dirinya sukses membawa klub tersebut meraih gelar treble.

 border=

Puas melatih Inter Milan dan merasa ingin mencoba tantangan yang lain, ia pun mengasuh Real Madrid. Sayang ia hanya dapat memberikan Real Madrid piala Copa del Rey 2010 dan harus bersaing ketat dengan rival klubya, Barcelona. Kini Mourinho kembali melatih The Blues, Chelsea.

6. Jose Villalonga Llorente

Jose Villalonga Llorente adalah pelatih pertama yang memenangkan Piala Eropa pada tahun 1956 bersama Real Madrid. Ia pun sukses memimpin Madrid untuk memenangkan 5 turnamen pertama dan meraih satu Piala Eropa sebelum meninggalkan Los Blancos pada tahun 1957. Saat memenangkan trophi pertamanya, pelatih berkebangsaan Spanyol ini baru berusia 36 tahun 184 hari sehingga membuatnya menjadi pelatih pertama dan termuda yang berhasil memenangkan Piala Eropa. Dia kemudian mempersembahkan Pemenang Piala Liga Eropa 1962 saat melatih Atletico Madrid dan Kejuaraan Eropa 1964 saat melatih timnas sepakbola Spanyol.

7. Rafael Benitez

Saat Benitez melatih klub pertamanya Valencia, ia sukses menghentikan dominasi Real Madrid dan Barcelona di La Liga dan memimpin Valencia meraih gelar di tahun 2002 dan 2004 serta kemenangannya di La Liga 2004 tersebut ditambahkan dengan keberhasilannya meraih Piala UEFA. Saat musim pertamanya melatih Liverpool, ia sukses membungkam AC Milan di Istanbul dengan sebuah ‘keajaiban’ sehingga jalannya pertandingan berlangsung sangat dramatis dan akhirnya, Liverpool berhasil menang melalui drama adu pinalti sehingga mereka meraih gelar Liga Champions 2005.

Benitez lalu memandu Liverpool ke final Liga Champions sekali lagi pada tahun 2007 dan kembali menghadapi AC Milan; klub yang mereka kalahkan di tahun 2005 silam namun sayang dalam pertandingan kali ini klub Italia yang harus keluar sebagai jawara. Benitez lalu hijrah ke Chelsea dan membantu The Blues mempertahankan gelar jawaranya, walaupun mereka terdepak dari Liga Champions pada babak penyisihan grup, mereka dapat memenangkan Liga Eropa.

8. Carlo Ancelotti

Ia memimpin Real Madrid memenangkan Liga Champions kala melawan rival sekota, Atletico Madrid dengan skor 4-1 tahun 2014. Sebelumnya, Ancelotti juga telah memenangkan kompetisi sebanyak 2 kali pada tahun 2003 dan 2007 saat melatih AC Milan. Dia juga berhasil mencapai final dengan AC Milan tahun 2005 di Istanbul kontra Liverpool, namun sayang Liverpool harus mengangkat trophi saat mereka menang melalui drama adu pinalti. Selain sukses sebagai pelatih, Ancelotti juga pernah memenangkan piala Serie A sebanyak 2 kali sebagai pemain AC Milan. Ia adalah salah satu dari 6 pelatih yang pernah memenangkan kompetisi bergengsi saat menjadi pesepakbola dan sebagai pelatih.